Friday, November 03, 2006

Two Hearts

Beberapa minggu yg lalu seorang teman baik saya (wanita), secara tidak sengaja mencurahkan hati-nya kepada saya, bukan untuk curhat tentang perasaannya kepada saya, tetapi curhat mengenai masalah yg sedang ia alami, masalah percintaan. Anggap saja inisialnya M.

M : Tis, gue lagi sedih banget nih, 2 hari yg lalu gue kehilangan orang yg gue sayang.
T : Loe putus dari cowo-loe ?
M : Bukan ! Gue sih masi jadian sama cowo gue, tapi gue kehilangan satu orang yg gue sayang
banget.
T : (bingung) Maksudnya ? Loe punya pacar lagi selain cowo-loe ?
M : Nggalah, gila loe, cowo gue ya cuma satu, tapi ada deh seseorang yg gue sayang banget.
T : (makin bingung) Coba jelasin donk. Gue ga ngerti.
M : Jadi gini, 2 hari yg lalu gue ketemu mantan gue, nah pas pertemuan itu, ternyata kita masih
sayang satu sama lain, sayang banget malahan. Gue ngerasa kalo dia itu satu-satunya cowo
yang bener-bener cocok sama gue. Nah kmaren kita ketemu buat bilang kalo kita gausah
ketemu lagi karena kita udah ga bakal bisa jadian lagi.
T : Karena apa ? Beda agama ?
M : Bukan koq, karena keluarganya ga setuju dia sama gue, dan keluarga gue juga ga setuju.
T : Lho, tapi kan loe skrg udah punya cowo, berarti mantanloe itu ya cuma cerita lalu donk.
Harusnya udah gada masalah lagi. Apalagi loe udah 2 taun jadian sama cowo-loe.
M : Ya tapi tis, ternyata selama ini gue tuh sayang banget sama mantan gue itu.
T : Waduh, loe ga boleh gitu donk, kasian cowo-loe yg ada, selama ini udah dibohongin sama lo.
M : Tapi gue juga sayang sama cowo gue koq, gue ga mainin dia, cuma gue lebih sayang sama
mantan gue.
T : (sambil terheran-heran) Aneh lo ! Loe harus tegas donk jadi orang, pilih salah satu.
M : Tau deh, gue pusing. Gue ga mau kehilangan dua-duanya.
T : Berarti jelas M, selama 2 tahun ini, cowo-loe ga bisa menangin hatiloe karena loe masih
sayang banget sama mantanloe. Dan loe salah juga, loe ga bisa mencoba menerima
kenyataan kalo loe skrg ini pacaran sama cowo-loe, bukan mantanloe. Kalo begini keadaan
nya ngapain loe harus terima dia dulu ? Kan kasian banget dia yg ada. 2 tahun cinta mati
sama loe, rela ngapain aja demi loe, eh loe-nya masih cinta sama mantanloe.
M : Ga gitu juga kali, gue tuh sayang banget sama cowo gue, tapi...
T : Loe lebih sayang sama mantanloe ? Aduh M, gue ga bayangin deh kalo cowo-loe tau
keadaannya kyk gini, biarpun skrg statusnya pacar loe, hatinya pasti bakal hancur lebur.
M : Aduh gue ga ngerti nih, yg pasti gue bener-bener sedih banget skrg kehilangan mantan gue.
T : Gue juga ga ngerti harus kasi nasihat apa lagi.

Sampai akhirnya saya dan dia harus mengakhiri perbincangan karena sudah sampai ke tempat tujuan. Sepanjang perjalanan pulang pikiran saya menerawang membayangkan jikalau saya berada di posisi pacar-nya M. 2 tahun lamanya merajut kasih dengan berkoban segalanya demi M hanya menghasilkan result bahwa M masih sangat mencintai mantan pacarnya yg terdahulu. Dikalahkan oleh masa lalu yg sudah sangat lama berlalu. Kalo masih bulanan sih tergolong wajar, nah ini sudah tahunan. Tidak rasional, namun itulah realita yg terjadi.

Memang, menebak hati seseorang adalah pekerjaan paling sulit di dunia ini. Di depan boleh saja orang itu berbaik-baik dan bermanis-manis, tetapi di dalam hati-nya, hanya dia seorang yg tahu bagaimana rasanya.

Saya jadi berpikir, berapa banyak wanita diluar sana yg hati-nya seperti M ? Semoga saya tidak menemukan salah satu-nya.

photo courtesy of -unknown-

No comments: