Friday, December 01, 2006

TransJakarta

Mayoritas masyarakat ibukota menyebut jasa transportasi ter-gres dari pemerintah ini adalah ”busway”, padahal jika dilihat dari konteks bahasa, arti dari busway adalah jalur khusus bus.

Jika diartikan menurut pemerintah, busway adalah jalur khusus yg dibangun oleh pemerintah untuk menunjang transportasi baru (bus) yg akan beroperasi di jalur itu, yaitu bus TransJakarta.

Tapi masyarakat Jakarta, termasuk saya, jika ditanya apakah transportasi baru yg 1 tahun lalu dibuat pemerintah ? 90% pasti akan menjawab, BUSWAY. Padahal jawaban itu jelas-jelas salah, karena busway adalah jalur bus, nah kekeliruan semacam inilah yg sangat akrab ditemui di Indonesia. Sampai-sampai seorang Jaya Suprana menulis buku yg mengambil berjudul Kelirumologi. Dalam buku itu dibahas kekeliruan-kekeliruan yg terjadi di bangsa ini, kalau saja Jaya Suprana mau menerbitkan ulang buku itu, tampaknya masalah BUSWAY bisa dimasukkan sebagai tambahannya.

Tetapi dengan banyaknya kekeliruan semacam itu, menjadikan ibukota ini mempunyai ciri khas yg tidak dipunyai ibukota-ibukota lainnya. Keliru macam begitu masih wajar, asalkan jangan kebanyakan ”keliru” saja, negara ini bisa-bisa tidak maju-maju.

1 comment:

Anonymous said...

KUHAKUAHKAUHUA....iya gw juga dulu pusing tuh kalo denger "busway busway". Salah kaprah euy! Tapi kadang gw juga secara ngga sengaja bilang "busway" mbuahuahauh...abis orang2 bilangnya busway mlulu, jadi ter-brainwashed huhu.