Tuesday, January 30, 2007

Beware of DBD !


Pemberitaan cukup heboh kini menghiasi halaman surat-surat kabar, internet dan layar televisi akhir-akhir ini. Berita-nya tidak lain tidak bukan adalah datangnya penyakit yg di Indonesia sudah menjadi penyakit musiman yg datang dan menghantui masyarakat setiap awal tahun, demam berdarah.

Mengapa saya ikut-ikutan ribut juga membahas datangnya penyakit ini ?

Jika saya harus mengingat kejadian tepat satu tahun yg lalu, saya jadi bergidik sendiri, pada tahun lalu saya adalah salah satu dari sekian juta pasien di Indonesia yg harus dirawat di rumah sakit secara intensif karena penyakit ini.

Berkaca pada pengalaman tahun lalu, saya kini lebih waspada dan lebih siap dalam menghadapi serbuan penyakit yg cukup mematikan ini. Kunci menghindari penyakit ini sebenarnya tidak terlalu sulit, berikut saya berikan tips2 menghindari DBD :

  1. Get enough sleep / rest.
  2. Banyak minum air (putih) setiap hari-nya.
  3. Pola makan harus teratur, usahakan jangan menunda atau melewatkan waktu makan.
  4. Usahakan jangan terlalu lama terkena udara luar pada malam hari.
  5. Jika anda lelah, usahakan langsung meminum vitamin atau minuman seperti susu Bear Brand atau Pocari Sweat.
  6. Hindari tidur di tempat-tempat dengan ruang terbuka pada pagi dan siang hari.
  7. Segera periksa ke dokter jika terkena gejala-gejala sbb :

- Demam tinggi

- Sakit kepala hebat.

- Badan nyeri-nyeri

- Perut mual.

- Badan panas dingin.

- Kurang nafsu makan.

Tahun lalu saya bisa terkena penyakit itu dikarenakan terlalu banyak kegiatan dan kurang sekali istirahat juga pola makan yg sangat tidak teratur. Jadi gigitan nyamuk DBD saya kira bisa dilawan dengan menerapkan pola hidup yg sehat dan segera ditangani oleh dokter sebelum terlambat.

Oiya jangan lupa untuk selalu menganut prinsip 3M.

No comments: