Monday, October 23, 2006

Berkah Ramadhan dalam Diri


Bulan yg penuh berkah ini akan segera berakhir. Kita semua memang akan menyambutnya dengan senang karena hari kemenangan akan tiba, tapi dibalik semua kesenangan itu saya merasakan kesedihan yg amat dalam berpisah dengan bulan yg penuh berkah ini.

Kesedihan ini bisa digambarkan seperti saya sedang menimba ilmu agama kepada suatu guru besar dan ketika saya sedang giat-giatnya mempelajari ilmu agama itu, dalam waktu 30 hari guru saya itu harus meninggalkan saya. Insya Allah saya akan bertemu dengannya lagi dalam waktu 11 bulan lagi. Dalam kurun waktu itu saya harus belajar sendiri tanpa didampingi seorang guru, yg ada hanya teman-teman sepelajaran.

Untuk selanjutnya saya akan membawa ilmu yg saya pelajari dari guru saya itu ke masyarakat luar dan mencoba menerapkannya disana. Dengan banyaknya godaan di luar, saya akan diuji apakah ilmu yg saya dapat selama satu bulan itu bisa terserap dengan baik ataukah saya hanya sekedar bermuka dua, baik ketika sedang dibimbing tetapi kembali ugal-ugalan di luaran.

Itulah ujian yg sebenarnya.

Saya merasa masih kurang banyak belajar, namun saya harus belajar sendiri.

Semoga sebelas bulan kedepan saya masih menggangapnya sebagai bulan Ramadhan sehingga saya masih giat untuk belajar dan terus belajar.

Bukan bulan pembalasan dimana kita bebas melakukan hal-hal yg tidak bisa dilakukan di bulan Ramadhan.
Bukan bulan untuk bersenang-senang dengan melakukan hal yg dilarang Allah SWT.
Bukan bulan untuk mengumpulkan maksiat sebanyak-banyaknya.

Tapi bulan untuk lebih mendekatkan diri kepada-NYA, mempelajari agama lebih dalam lagi dan bulan persiapan untuk kembali menyambut bulan yg penuh berkah dan rahmat, Ramadhan.

Semoga kesucian yg saya dapat di hari raya Idul Fitri esok kedepannya tidak akan saya kotori lagi dengan hal-hal yg tidak berguna. Saya akan berusaha keras di sebelas bulan kedepan untuk menjaga kualitas ibadah saya seperti saya menjalankannya di bulan Ramadhan ini. Sampai akhirnya akan tiba lagi bulan yg dinanti seluruh umat muslim di seluruh dunia. Semoga saya masih diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk merasakan lagi indahnya Ramadhan tahun depan. Tapi untuk sekarang mari kita sambut hari kemenangan dengan saling memaafkan.

Taqoballahu Minna wa Minkum. Minal Aidzin Wal Faidzin.

Mohon Maaf Lahir & Bathin.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1427 H.

Semoga kita bisa menjadi orang yg lebih baik dan lebih berguna utk orang banyak kedepannya.

photo taken @ Masjid At-Tin, Taman Mini.

No comments: